Kegiatan Puncak Tema Binatang Preschool dan TK di KanSa Wonosalam


Di setiap tema pembelajaran PAUD selalu diakhiri dengan Kegiatan Puncak Tema. Dalam satu bulan ini, anak-anak Preschool dan TK Wijana Mojoagung belajar tema Binatang. 

Hari ini merupakan akhir tema Binatang, maka kami mengajak anak-anak bertemu langsung dengan binatang, yaitu di Wisata Edukasi KanSa (Kandang Sapi) Wonosalam. Di sana anak-anak dipandu oleh petugas. Awalnya mereka diajak untuk senam "Enak Susu Mama". Senang sekali mereka dapat mengikuti senam dengan gembira, terutama karena yang membimbing adalah orang lain (perlu refreshing supaya tidak bu guru terus..he.he.he).
Selesai senam, anak-anak diajak untuk memasuki sebuah ruangan. Di ruangan itu, anak-anak diajak untuk melihat proses memasak susu. Tidak hanya melihat, anak-anak juga diberikan kesempatan untuk mengaduk susu yang sedang dimasak. Yang membuat anak-anak lebih senang lagi adalah mereka diberikan susu gratis.
Apakah hanya begitu saja? Tidak. Masih ada kegiatan lagi, yaitu memberi makan sapi. Di sana ada 4 sapi perah dewasa, dan 2 sapi perah anakan. Anak-anak diberikan kesempatan untuk memberi makan. Mereka begitu senang, karena mungkin baru kali ini melihat sapi dengan begitu dekatnya dan memberinya makan. Namun, tak sedikit pula yang mengeluh, "Hmmm. Baunya nggak enak." Ya, maklumlah. Namanya juga kandang sapi. Kalau wangi malah dikira kamar hotel. ha.ha.ha.

Acara puncak yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu berenang. Ya, di lokasi KanSa terdapat wahana kolam renang. Selesai belajar, anak-anak pun dapat bermain air sepuasnya. 
Belajar tak hanya teori dan di dalam kelas saja. Belajar akan lebih mengena jika anak-anak diajak untuk belajar dari lingkungan, belajar secara konkret, dan hasilnya akan jauh lebih baik dari hanya belajar di dalam kelas. Inilah program kegiatan kami. (ADK)