Family Day Preschool dan TK - Membangun Relasi dalam Kekeluargaan


FAMILY DAY PS-TK – Hari ini, Jumat, 13 November 2019, sekolah kami mengadakan kegiatan Family Day untuk Preschool dan TK. Family Day adalah wadah bagi anak-anak dan orang tua. Anak-anak diajak bermain bersama dengan orang tuanya. Bergembira dan menjalin relasi yang lebih kuat bersama dengan orang tua. Orang tua di tengah kesibukannya diajak untuk rehat sejenak berkumpul bersama dengan anak-anaknya. 

Rangkaian kegiatan hari ini dimulai dengan senam pemanasan sebentar. Game pertama yang dimainkan adalah memindahkan bola dengan bergandengan tangan. Anak dan orang tua (ayah/ibu) bergandengan tangan. Di atasnya diletakkan sebuah bola. Masing-masing pasangan harus berlomba untuk menjadi yang paling cepat menyelesaikan rintangan. Meskipun kelihatannya mudah, tetapi ternyata cukup repot untuk anak-anak.

Estafet karet menggunakan sedotan adalah game kedua. Anak-anak dan orang tua dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok balapan untuk memindahkan karet. Kelompok-kelompok ini dimainkan oleh anak-anak TK. Untuk yang Preschool tidak memainkan game ini. Kebayang kan bagaimana ribetnya kalau anak-anak Preschool memainkan game ini? Hehehe

Game ketiga merupakan game sederhana, tapi yang paling seru, yaitu balapan kuda. Ya, yang menjadi kudanya adalah para orang tua. Sedangkan penunggangnya adalah anak-anak. Yang membuat seru itu saat putra/putrinya cukup berisi, sehingga butuh perjuangan ekstra dari para orang tua untuk menggendong putra/putrinya. Namun, semua terbayar lunas dengan keceriaan dan suka cita yang terpancar di wajah anak-anak. Mereka sungguh menikmatinya.

Game selanjutnya adalah Jembatan Kardus. Permainan ini menggunakan potongan-potongan kardus sebagai pijakan untuk melangkah. Masing-masing anggota kelompok harus memindahkan kardus dari belakang sampai ke depan, agar dapat melangkah dan mencapai tujuan. Kelompok yang paling cepat sampai ke garis finish adalah pemenangnya.

Permaianan kelima yang kami mainkan memanfaatkan balon. Permainan ini bernama Kereta Balon. Balon-balon yang dibagikan ke kelompok diletakkan di punggung. Lalu secara bersama-sama masing-masing kelompok menuju garis finish. Balon tidak boleh terlepas atau pun meletus. Ya, meskipun demikian, masih ada juga yang tetap dipegangi menggunakan tangan. Tapi tidak apa-apa. Karna yang terpenting adalah sukacita yang ada di dalam setiap permainan.

Game yang cukup seru tapi menghabiskan energi, yaitu Rolling Bodies. Para orang tua tidur telentang dalam satu barisan. Lalu ada salah satu anak yang tidur telentang di atas tubuh para orang tua. Tugas orang tua adalah memutar tubuh sehingga anak yang ada di atasnya dapat berpindah sampai ke tempat tujuan. Ada anak yang takut, ada pula yang begitu menikmatinya. Tentunya, para orang tua pasti menghabiskan cukup tenaga untuk melakukannya.

Game terakhir yang kami mainkan adalah memindahkan air menggunakan mulut. Meskipun perintahnya adalah memindahkan menggunakan mulut, untuk anak-anak Preschool ini cukup sulit dilakukan. Sehingga mereka menggunakan tangan saja. 

Inilah cerita kami hari ini. Setiap kegiatan telah kami susun dan kami rencanakan dengan matang agar bermakna dan berkesan. Tak sekedar asal ada, dan asal-asalan. Masih banyak keseruan-keseruan dalam program kegiatan sekolah di setiap tahunnya.
Semoga kegiatan ini mampu menumbuhkan niat baik untuk mempersiapkan diri untuk menyambut natal dengan suka cita. (ADK)