Motivation Building 2020 - Sukacita Motivasi



MOTIVATION BUILDING – Sabtu-Minggu, 15-16 Pebruari 2020, anak-anak kelas V dan kelas VI mengikuti kegiatan Motivation Building, yang kami selenggarakan di Griya Samadhi Resi Aloysii, Claket-Pacet, Mojokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri anak-anak untuk siap dalam menghadapi ujian-ujian kelas VI. Selain itu, juga untuk membekali anak-anak dalam mempersiapkan diri di kemudian hari.

Selama dua hari itu, anak-anak berproses bersama pemateri yang sudah cukup mereka kenal sebelumnya, yaitu Bapak Paulus Kuntoro, S.Psi, M.MPd. Beliau adalah kepala sekolah kami pada periode 2012 – 2018, yang kini menjadi kepala sekolah di SMPK St. Yusup Mojokerto. 

Kami sampai di lokasi disambut hujan gerimis. Hujan ini menemani kami hingga malam hari. Setelah pembagian kamar, kami memulai kegiatan kami pukul 16.30. Selama 30 menit kami melakukan ice breaking; bernyanyi, menari dan bermain bersama.

Di sesi pertama, anak-anak diajak untuk mengenali, menggali potensi, dan bangga terhadap kemampuan diri. Tema sesi pertama ini adalah “Born to Win”. Selama kegiatan, anak-anak diminta untuk menggali kemampuan diri dengan menuliskan pada kartu-kartu yang telah disiapkan. Selain bertanya pada diri sendiri, mereka juga diminta untuk bertanya kepada teman-teman mereka, tentang keistimewaannya. 

Sesi kedua dengan tema “My Dream, My Future” dimulai setelah makan malam. Pada sesi ini, anak-anak diajak untuk melihat, berangan-angan, dan merencanakan masa depan mereka 10 tahun ke depan, apa saja yang akan mereka lakukan. Mereka juga diminta untuk membuat komitmen-komitmen kecil yang dapat mereka lakukan setiap harinya. Misalnya, mengurangi jam bermain hp, menambah jam belajar dari 1 jam menjadi 2 jam, dan sebagainya. Malam hari ini ditutup dengan doa malam.

Hari kedua kami awali dengan doa pagi, senam dan jalan-jalan menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi, lalu dilanjutkan dengan sarapan. Setelah sarapan, anak-anak diajak bermain game outbond. Ada beberapa game yang mereka mainkan. Outbond ini ditutup dengan berenang, yang paling mereka tunggu-tunggu.

Sesi terakhir diisi dengan peneguhan dan menarik benang merah dari rangkaian kegiatan yang mereka ikuti selama dua hari ini. (ADK)