Pandemi Corona Membawa Cerita


Covid-19 telah membawa dampak yang begitu besar dan mengubah keseharian kita. Tidak jarang pula, kita merasa bosan. Begitu pula anak-anak. Telah memasuki bulan ketiga ini anak-anak harus belajar di rumah. Tentunya kita tahu bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Jika sebelumnya mereka dapat pergi ke sekolah dan bermain dengan teman-temannya, namun di masa pandemi ini mereka harus di rumah saja. Belajar di rumah, bermain di rumah. Bosan, pastinya.

Namun, di tengah kebosanan itu ada sepenggal cerita dari anak-anak tentang bagaimana cara mereka mengisi waktu luang mereka dan menghilangkan kebosanan.

Samuel David Jackson Manik, siswa kelas IV SDK Wijana Mojoagung, menceritakan pengalaman kesehariannya selama pandemi ini dengan membuat video. Kadang dia juga merasa bosan tentang apa yang dialami selama pandemi ini. Tetapi dia melakukan aktivitas-aktivitas lain untuk mengurangi kebosanannya.

1. Banyak Waktu untuk Istirahat

“Kegiatan ke satu, kita dapat memakai waktu kita untuk beristirahat agar imun-imun dari tubuh kita agar tetap bagus,” ucapnya sambil memakai baju tidur.
Banyaknya waktu luang yang ada memang bagus dimanfaatkan untuk beristirahat agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga.

2. Berjemur

“Mengapa perlu berjemur? Agar imun dalam tubuh kita tetap bagus,” ucap siswa yang memiliki darah keturunan Batak ini.
Ya, berjemur memang dapat memperkuat daya tubuh kita. Sinar matahari pagi banyak mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

3. Membantu Orang Tua

“Kegiatan ketiga, yaitu kita bisa membantu orang tua. Contohnya, kita bisa menyapu agar debu-debu tidak mengganggu kita. Dan kita bisa mencuci piring. Setelah selesai makan. Kita bisa merapikan tempat tidur saat kita selesai bangun (tidur)”, jelasnya.

4. Belajar di Rumah

“Kegiatan keempat, belajar di rumah. Kegiatan ini sangat penting lo. Kenapa? Agar ilmu kita dapat ditambah dari buku ini, sehingga kita tidak ketinggalan pelajaran yang disampaikan dari (oleh) guru”, sambungnya dalam video tersebut.

5. Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Dalam videonya tersebut, putra dari Bapak Pendeta Marlin Jackson dan Ibu Susyanti Sitohang ini, juga bercerita bahwa masa pandemi ini juga menjadi kesempatan untuk kita mendekatkan diri dengan Tuhan.
“Jika kita selalu mau dekat dengan Tuhan, kita harus membaca Alkitab dan selalu berdoa apa yang kita inginkan”, jelasnya sambil membawa Alkitab.

6. Bermain di Rumah

Ini kegiatan yang ditunggu-tunggu, yaitu bermain game. Namanya juga anak-anak, pasti suka sekali kalau bermain game. Namun menurutnya, kegiatan ini baru boleh dilakukan jika sudah melaksanakan kewajiban mulai dari kegiatan nomor 1 sampai 5. Selain itu, bermain game juga tidak boleh sering-sering karena bisa merusak mata karena cahaya radiasi.

Di akhir videonya, dia berharap dan berdoa agar Tuhan bisa memulihkan bangsa Indonesia dari virus corona agar dia dan teman-temannya dapat bersekolah kembali.

Itulah sedikit cerita dari Samuel tentang kesehariannya di rumah selama pandemi ini. Seru bukan? Kamu punya cerita yang berbeda? Yuk kirim ceritamu dalam bentuk tulisan atau video ke wali kelasmu. Cerita yang terpilih akan di posting di website sekolah ini. Selamat berkarya. Stay safe, stay healthy, stay at home. (ADK)