Hari Pahlawan - Lomba Foto Cosplay Pahlawan Nasional - Wijana Mojoagung
Loading post...

Hari Pahlawan - Lomba Foto Cosplay Pahlawan Nasional


 

 
Hari Pahlawan – Tahun ini sungguh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya kami dapat mengajak anak-anak untuk berkegiatan dengan mengadakan lomba, memakai pakaian daerah, memakai pakaian sesuai profesi, dan lain-lain, maka tahun ini sungguh berbeda. Bagaimana tidak, alih-alih mengadakan acara seperti itu, proses pembelajaran tatap muka saja masih belum diperbolehkan. Sampai hari ini, sama seperti yang lainnya, kami masih pembelajaran jarak jauh.
 

Namun, bukan berarti hal itu menyurutkan semangat kami untuk memperingati Hari Pahlawan. Sebisa mungkin kami menyiasati untuk mengadakan kegiatan yang dapat juga membangkitkan semangat anak-anak dari kejenuhan selama pembelajaran jarak jauh. Kegiatan yang kami pilih dan kami adakan adalah Lomba Foto “Cosplay” Pahlawan Nasional. Cosplay? Apa itu Cosplay?

Sebagai tambahan informasi, Cosplay adalah gabungan dari dua kata bahasa Inggris yaitu “Costume” dan “Play”. Secara harafiah, cosplay berarti bermain kostum. Kostum yang dipakai pada umumnya adalah tokoh anime, manga, artis, penyanyi, dan banyak yang lainnya. Nah, kali ini cosplay nya adalah pahlawan nasional.

Pada lomba ini, masing-masing peserta, yang terdiri dari siswa-siswi Preschool, TK, dan SD, diminta untuk berdandan seperti pahlawan yang dipilih. Mereka harus merias diri mereka semirip mungkin dengan pahlawan itu, baik dari rambut, pakaian, properti hingga ekspresinya. Lomba ini kami adakan mulai tanggal 31 Oktober sampai 09 November 2020.

Lomba ini diadakan bukan tanpa tujuan, atau hanya untuk seru-seruan. Tujuannya adalah:
  • Pada usia dini, anak-anak memiliki kecenderungan untuk meniru (Children See, Children Do). Maka, dengan lomba ini, diharapkan anak-anak dapat meniru jiwa kepahlawanan yang dimiliki oleh tokoh yang dipilih, melalui hal yang paling sederhana, yaitu melalui pakaian dan ekspresi.
  • Mengenalkan para pahlawan nasional Indonesia. Melalui kegiatan ini, mau tidak mau, anak-anak (bersama orang tua) akan mencari tokoh-tokoh yang akan ditiru. Dalam proses pencarian itu, mereka akan sedikit demi sedikit mengenal para pahlawan yang ada di Indonesia.
 
Sungguh menyenangkan dan bangga ketika melihat hasil yang telah dikirim. Ada yang orang tuanya bahkan begitu antusias mendandani putra/putrinya semirip mungkin dengan pahlawannya. Ada yang diberi kumis, ada yang diberi selendang, pakai kacamata, bahkan ada yang membuat jenggot dari sapu ijuk. Begitu luar biasa antusias anak-anak. Semoga kegiatan ini membangkitkan kembali semangat anak-anak untuk belajar meskipun masih berada dalam bayang-bayang pandemi.

Menariknya, tidak hanya anak-anak yang ikutan lomba, guru-guru juga ikut berpartisipasi memeriahkan lomba kali ini.

Berikut adalah pemenang Lomba Foto “Cosplay” Pahlawan Nasional 2020:

Kategori TK A

1. Juara Pertama : Vinsensius Aprilio Prasetia
2. Juara Kedua: Morgan Willota Harijanto

Kategori TK B:

1. Juara Pertama: Natanael
2. Juara Kedua: Keyno Yosia Kyantanu K.

Kategori SD (Kelas Awal):

1. Juara Pertama: Florriensa Almeera Arief
2. Juara Kedua: Aaron Yoshi Susetya
3. Juara Ketiga: Defta Yusa Brillian

Kategori SD (Kelas Tinggi):

1. Juara Pertama: Titah Ayu Ratu Jagad
2. Juara Kedua: Vincentius Christian Julianto
3. Juara Ketiga: Joachim Fidelis

Kategori Guru:

1. Juara Pertama: Antonius Dwi Kuncoro
2. Juara Kedua: Dian Budi Setyowati, S.Pd
 
Selamat untuk para pemenang dan terima kasih untuk anak-anak yang telah berpartisipasi. Tetap semangat dan teruslah berkarya. Semoga apa yang telah dilakukan ini membawa semangat perjuangan untuk meraih apa yang telah dicita-citakan. (ADK)

 
Program Kami

Formulir Kontak