Wujud Kasih untuk Kartiniku - Perayaan Hari Kartini 2021

 

 

HARI KARTINI – Setiap tahun, 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Sebagaimana juga hari ini, kami memperingati hari Kartini dengan tema “Wujud Kasih untuk Kartiniku”. Tema ini diambil sebagai wujud aksi kami untuk berterima kasih dan berbagi kasih kepada para wanita, yang tak lain adalah Kartini-Kartini masa kini.

 

Pada hari ini, anak-anak kami minta untuk memakai pakaian adat Jawa. Bagi yang perempuan, mereka diharuskan memakai kebaya. Sedangkan untuk yang laki-laki, mereka memakai baju lurik atau beskap.


 Ada 3 kegiatan yang kami adakah untuk mengisi peringatan hari Kartini ini.

 

1. Kartini, Inspirasiku

Anak-anak dikumpulkan dalam satu ruangan yang telah dipersiapkan sesuai dengan protokol Kesehatan. Di kegiatan kali ini, anak-anak diajak menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini. Dilanjutkan dengan menonton video singkat tentang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita. 

 

 
Melalui kegiatan ini, anak-anak dikenalkan dengan perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan kesamaan hak yang dimiliki wanita. Tanpa perjuangannya, para wanita mungkin tidak akan bisa semerdeka ini.
 

2. Kado untuk Kartini

Menarik sekali, kegiatan selanjutnya berjudul “Kado untuk Kartini”. Lalu, siapa Kartininya? Kartininya adalah para wanita yang lewat di depan sekolah kami. Ya, dalam kegiatan ini, anak-anak kelas tinggi diajak untuk membagikan kado kepada wanita yang lewat di depan sekolah. Kado-kado ini merupakan hasil dari sumbangan anak-anak dan orang tua. Ada yang berisi sembako, kaos, baju, peralatan dapur, dll.
 
 
 
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas perannya sebagai wanita dalam keluarga. Tak dapat dipungkiri bahwa wanita berperan besar dalam kehidupan keluarga. Oleh sebab itu, kami membagikan kado-kado ini sebagai bentuk apresiasi atas apa yang telah mereka lakukan dalam keluarga mereka.
 
 
 
Dengan mengenakan pakaian adat, anak-anak dengan antusias membagikan kado-kado mereka kepada mbak-mbak dan ibu-ibu yang lewat di depan sekolah. Beberapa ibu-ibu yang pulang berjualan dari pasar terlihat begitu senang dengan kado sederhana ini.
 

3. Terima Kasih, Kartiniku

Masing-masing anak pasti memiliki sosok wanita yang mereka kagumi. Entah itu ibu, kakak, atau ibu guru. Pada kesempatan kali ini, anak-anak kami ajak untuk membuat kartu ucapan terima kasih dan selamat hari Kartini untuk Kartini mereka. Kartu ini dibuat di sekolahan dan saat pulang nanti mereka berikan kepada Kartini mereka.
 
 

Untuk Preschool dan TK, kami menyelanggarakan 2 kegiatan, yaitu menyanyikan Lagu Ibu Kita Kartini dan foto bersama ibu dengan tema “Wujud Kasih untuk Kartiniku”. Untuk PS dan TK, kami buat berbeda karena TK masih melakukan pembelajaran secara daring. Sehingga belum bisa berpartisipasi dalam kegiatan di sekolah.

 

Kami sungguh berterima kasih kepada Bapak/Ibu orang tua murid yang telah berpartisipasi dalam kegiatan kami kali ini. Baik dalam mempersiapkan pakaian anak-anak atau pun atas sumbangan kado yang telah diberikan kepada kami. (ADK)