Kecakapan Hidup sebagai Bekal Anak di Masa Mendatang

 

 

Kecakapan hidup (life skill) memang sudah selayaknya diajarkan sejak dini. Hal ini karena keterampilan tidak dapat diajarkan dalam waktu yang singkat, namun perlu waktu sepanjang hayat. Maka perlu rencana yang matang tentang kecakapan hidup ini. 


Keterampilan kecakapan hidup ini lebih diarahkan pada keterampilan yang berhubungan dengan aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan anak yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti menjalankan rutinitas kehidupan yang berhubungan dengan kemandirian antara lain dalam hal mengurus diri sendiri seperti mandi, makan, berpakaian, belajar menumbuhkan kepercayaan diri dan kemandirian. Hal yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kecakapan hidup (life skill) pada anak usia dini adalah melalui pembiasaan agar anak mampu menolong diri sendiri (mandiri), mampu berinteraksi dengan lingkungan dan memperoleh keterampilan dasar (basic skill) yang berguna untuk kehidupan anak selanjutnya.


Sekolah sebagai salah satu dari pilar pendidikan harusnya juga menjadi bagian dalam pendidikan kecakapan hidup ini. Oleh sebab itu, sekolah kami memfasilitasi pendidikan kecakapan hidup ini. Sekolah kami tak hanya mengajarkan tentang intelektual saja, melainkan juga penanaman karakter dan kemandirian.


Dalam program life skill ini, anak-anak dibekali kecakapan keterampilan dasar yang mereka lakukan sehari-hari dalam kehidupan mereka di antaranya: menyetrika, mencuci baju, mencuci sepatu, menjahit, mencuci kotak bekal, mencuci sepeda motor, dll. Semua ini diberikan kepada anak-anak sebagai bekal mereka dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, apa yang telah dimulai di sekolah ini, juga dapat diteruskan dan dibiasakan di rumah.


Pendidikan sudah selayaknya tidak hanya menekankan tentang intelektual belaka, tetapi juga mengakomodasi pendidikan keterampilan dasar seperti ini. Karena bekal seperti inilah yang sejatinya dibutuhkan anak-anak di masa mendatang. Materi pelajaran dapat dipelajari dengan singkat, namun keterampilan seperti ini perlu ditanamkan dan dibiasakan sejak dini. Sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang seutuhnya. (ADK)