Cooking Day - Bekali Diri dan Jadi Mandiri - Wijana Mojoagung
Loading post...

Cooking Day - Bekali Diri dan Jadi Mandiri

 

Sering kali kita underestimate akan kemampuan anak. Padahal, saat diberikan kesempatan dan kepercayaan, anak-anak pasti dapat melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Salah satunya adalah memasak. Hal itu pulalah yang coba kami wadahi dan kami fasilitasi.

 

Selasa (14/06/2022) kami mengadakan kegiatan Cooking Day. Dalam kegiatan ini, anak-anak SD beraktivitas membuat rujak buah. Sedangkan untuk anak-anak TK membuat bola-bola coklat.

 

Rujak Buah

Beberapa hari sebelumnya, anak-anak telah diberi informasi bahwa akan diadakan kegiatan rujakan. Mereka dibagi menjadi 6 kelompok yang masing-masing terdiri dari kelas I sampai kelas VI. Dalam prosesnya, anak-anak diminta untuk mencari informasi terkait bahan dan alat yang dibutuhkan. Mereka juga harus membagi sendiri tugas masing-masing anggota. Tujuannya, agar mereka dapat secara mandiri merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan karya mereka dengan baik. 


 

Acara dilaksanakan di lapangan dengan duduk di tikar. Masing-masing anak dalam kelompok pun mulai melaksanakan tugasnya masing-masing. Ada yang bagian ngulek bumbu, ada yang mengupas buah, ada yang memotong tahu, dan lain sebagainya. Menariknya, sekali pun tidak terbiasa melakukannya, tetapi anak-anak melaksanakannya dengan sangat antusias. Tak hanya perempuan, anak laki-laki pun semuanya harus terlibat di dalamnya.

 

Bahkan ada seorang anak laki-laki yang tidak pernah mengupas timun pun tetap harus membantu mengupas. Sekali pun mengupasnya sampai terlalu tebal. Saat selesai mengupas, timunnya sudah terlalu banyak kehilangan dagingnya dan menjadi tipis. Tetapi, tidak masalah. Itulah proses. Sekaligus membawa pemahaman kepada anak, bahwa memasak bukan hanya dilakukan oleh perempuan, laki-laki pun bisa terlibat di dalamnya.

 

 
Proses selanjutnya adalah plating. Anak-anak diminta untuk menyajikan rujak mereka dengan semenarik mungkin agar bisa dicicipi oleh bapak/ibu guru yang bertugas sebagai juri. Dengan kreatifnya, mereka menata hasil karya mereka dengan rapi. Ada yang menggunakan daun selada, ada yang menyusun sesuai warnanya, ada pula yang menggunakan kerupuk sebagai hiasannya.
 
Di akhir kegiatan, anak-anak bersama-sama dengan kelompoknya makan rujak buatan mereka sendiri. Mereka sangat menikmati hasil karya mereka. Bahkan ada pula yang akhirnya ngulek bumbu lagi karena bumbu mereka sudah habis. Tak sedikit pula yang pergi ke kelompok lain untuk mencicipi rujak buatan temannya.

Bola Cokelat TK

Tak ketinggalan, hari ini pun TK juga mengadakan kegiatan memasak, yaitu membuat bola-bola cokelat. Untuk TK, mereka diminta untuk membawa susu kental manis. Sedangkan sekolah telah menyediakan roti marie.
 

 

Sekali pun terlihat mudah, bagi anak-anak tetap membutuhkan ketelatenan untuk membentuk adonan menjadi bulat. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam membuat bola cokelat tersebut. Mereka tetap antusias dalam melakukannya. Masing-masing anak membuat sekitar 5-6 kue. Namun, ada pula yang membuatnya sampai 10 butir, karena bulatannya lebih kecil dari yang lainnya.

 
Setelah semuanya jadi, anak-anak menyantap hasil karya mereka. Mereka begitu menikmati, bahkan ada yang minta untuk membuat lagi. Ya, lain waktu kita buat acara seperti ini lagi ya.
***
 
Kemandirian perlu ditanamlan melalui rutinitas setiap hari. Anak-anak juga perlu dilibatkan dalam kegiatan rumah tangga, bahkan dalam hal memasak. Mereka juga perlu dikenalkan dan diajarkan untuk terlibat dalam kegiatan memasak. Pengalaman-pengalaman mereka seperti ini akan menjadi modal berharga kelak saat mereka dewasa. (ADK)

 
Program Kami

Formulir Kontak