Jalan Sehat Telusuri Jalan Desa

 

Kegiatan kedua kali ini, anak-anak Preschool-TK-SD melaksanakan kegiatan jalan sehat bersama sebagai bagian dari rangkaian kegiatan kedua pada Senin (13/06/2022) pagi. Kegiatan dimulai dengan pembiasan pagi dan briefing sebelum dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat. Anak-anak dibagi menjadi 6 kelompok dan dipasangkan pita gelang berwarna sesuai dengan kelompok masing-masing disertai juga nomor undian. Untuk menyemangati anak-anak telah disediakan beberapa doorprize yang menarik.

 

Sejak pagi, langit terlihat mendung. Pukul 07.30 jalan sehat dimulai, anak-anak sungguh antusias. Jalan sehat kali ini berkeliling di lingkungan sekitar sekolah. Untuk anak-anak Preschool dan TK rute yang dilalui berbeda dengan anak-anak SD. Adapun rute jalan sehat yang dilalui melewati Ds. Pekunden-Kademangan-Kebondalem, kemudian kembali lagi menuju sekolah. Meski jalur yang ditempuh untuk jalan sehat tidak terlalu panjang, kegiatan ini berlangsung seru dan membuat anak-anak berkeringat. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi sarana bagi anak-anak untuk mengenal lingkungan sekitar dan bertegur sapa dengan masyarakat secara langsung. 

 

 

Melewati perkampungan di daerah belakang sekolah, menyeberang jembatan, dan gang-gang kecil dengan suasana yang jauh dari keramaian kendaraan menjadi daya tarik anak-anak. Menyapa warga sekitar, anak belajar untuk berinteraksi dengan warga masyarakat. Setengah perjalanan, anak-anak istirahat sebentar di tempat yang lapang sembari minum. 5 menit istirahat, dilanjutkan kembali perjalanannya. Sambil berjalan, anak-anak bersenda gurau bersama bapak dan ibu guru yang mendampingi. Hampir 60 menit melakukan jalan sehat, akhirnya tiba di sekolah.

 

 

Anak-anak beristirahat dan menikmati bekal makanan yang telah dibawa dari rumah. Selepas istirahat, dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Anak-anak Preschool dan TK telah disediakan 6 bingkisan doorprize. Sedangkan untuk SD disediakan 16 bingkisan doorprize. Inilah momen yang ditunggu anak-anak yaitu pembagian doorprize. Pengambilan doorprize dilakukan dengan cara pengundian nomor. Anak-anak terlihat ceria dan bahagia saat nomor yang disebutkan.

 

Bertambah lagi pengalaman yang didapat dalam kegiatan jalan sehat kali ini. Selain untuk menghilangkan kejenuhan setelah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT), anak-anak belajar untuk mengenal lingkungan dan berinteraksi dengan warga sekitar. (DBS)