Play Day TK: Sukaku, Sukamu, Sukacita Kita Semua

 

 

Sehari selepas Play Day SD, hari ini (11/06/2022) giliran anak-anak TK yang bermain bersama teman-temannya. Anak-anak pun menyambutnya dengan sukacita. Play Day kali ini diawali dengan senam bersama. Senam pertama yaitu senam Buka-Tutup. Anak-anak diajak bernyanyi sambil membuka dan menutup jari-jarinya, seperti kuncup bunga yang mekar dan menutup. Selanjutnya, mereka diajak senam “Panjang-Pendek”, dengan menggerakkan tangan dan lengan. Untuk kata “Panjang" anak-anak merentangkan tangan, untuk kata “pendek”, anak-anak menggerakkan tangannya sampai kedua telapak tangan hampir mengatup.

 

 

Permainan pertama yang dimainkan adalah “Estafet Karet”. Permainan ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena sering kali dipakai dalam lomba Agustusan. Ya, permainan yang memanfaatkan sedotan plastik dan karet ini dimainkan dengan antusias oleh anak-anak. Masing-masing kelompok harus memindahkan karet dari anak satu ke anak yang lain. Mereka tidak diperkenankan memakai tangan. Karet harus dipindahkan menggunakan sedotan yang ada di mulut masing-masing anak. Tapi, Namanya juga anak. Pasti tetap saja ada yang memakai tangan untuk memindahkan karet. Tak apa. Dengan usia yang masih dini, tentunya butuh keterampilan motorik yang cukup bagus untuk melakukannya. Oleh sebab itu, pasti tetap ada anak yang belum bisa sepenuhnya hanya memakai mulut. 

 

 

“Pingpong Estafet” adalah permainan kedua yang dimainkan. Dari namanya saja sudah jelas bahwa permainan ini memanfaatkan bola pingpong. Usia anak TK merupakan masa di mana ego anak masih tinggi. Maka dari itu, permainan-permainan yang disajikan ini berguna untuk melatih anak-anak dalam bekerja sama dan tentunya melatih keterampilan motorik anak.

 

Dalam permainan ini, anak-anak harus memindahkan bola pingpong ke tempat yang disediakan melalui bambu yang telah dibelah. Mereka harus menggelindingkan bola dari satu anak ke anak yang lain menggunakan bambu tersebut. Beberapa kali anak gagal. Namun, semakin sering mencoba membuat mereka akhirnya bisa.

 

 

Permainan selanjutnya membuat anak sangat bergirang, karena mereka akan diajak untuk bermain dengan balon. Berbekal selembar karton air mineral, anak-anak diminta untuk memindahkan balon dengan cara mengipasi balon tersebut sampai ke ujung barisan. Saking semangatnya, bukannya menggiring balonnya sampai ke ujung barisan, mereka malah mengipasinya sampai keliling lapangan. Bahkan ada yang memukulnya ke atas dan menendangnya.

 

 

 

Terakhir, anak-anak bermain mengisi botol dengan air menggunakan spons. Botol yang telah dilubangi harus diisi dengan air sampai penuh. Ada anak yang bertugas mengisi, ada pula yang bertugas untuk menutup lubang. Mereka bekerja sama untuk mengisi botol tersebut.

 

Bukan tentang menang atau kalah, dalam kegiatan ini, tujuan utamanya adalah membuat anak-anak dapat bersukacita saat bermain bersama dengan teman-temannya. Sungguh senang saat dapat melihat dapat tertawa ria penuh dengan suka cita. (ADK)