Euforia Gerak Jalan 2022

 

Dua tahun absen, akhirnya tahun ini perlombaan yang dirindukan kembali digelar. Gerak jalan ini dilaksanakan hari Kamis (11/8/2022) siang yang diikuti tingkat SD/MI se-kecamatan Mojoagung. Rute yang dilalui peserta gerak jalan yaitu mengambil start dari lapangan Mbah Sayid Sulaiman dan finis di lapangan Pandean. Setiap momen kemerdekaan, banyak cara yang dilakukan dalam menyemarakkan HUT ke-77 RI. Salah satunya adalah gerak jalan yang selalu ditunggu-tunggu anak-anak. Sungguh besar antusias dan kegembiraan anak-anak dalam menyambut momen kemerdekaan tahun ini. Setelah beberapa tahun tidak ada kegiatan gerak jalan akibat pandemi Covid-19. 

 

 
Hanya delapan hari anak-anak berlatih keras untuk gerak jalan. Waktu yang begitu singkat karena ini pertama kalinya bagi anak-anak mengikuti gerak jalan tersebut. Walaupun terhitung singkat, tidak menyurutkan semangat dalam latihan. Setiap pagi di awal jam pelajaran dibuat untuk berlatih gerak jalan. Hari selanjutnya, mulai latihan di siang hari setelah istirahat pertama. 

 

Anak-anak menampilkan dengan konsep yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini, anak-anak memakai kostum baju merah dengan jarik dan caping. Tak hanya kostum yang terlihat berbeda, tetapi juga memberikan sebuah yel-yel untuk penyemangat. Yel-yel ini jadi jargonnya, “Budal ora, budal ora, budal ora, budall”. Mendengarnya saja jadi ikut semangat. Ditambah lagi dengan antusias anak-anak dalam mengikuti gerak jalan. Menjadi pengalaman pertama, setelah dua tahun vakum tidak ada gerak jalan. 

 

 

Di tengah panasnya terik matahari, tak menyurutkan anak-anak dalam melaksanakan gerak jalan tersebut. Ada beberapa siswa yang dalam kondisi badan tidak fit tetapi masih ikut gerak jalan. Jika ada yang tidak kuat, maka digantikan dengan anggota lainnya. Untuk memberikan semangat, anak-anak sambil menyanyikan lagu nasional dan beberapa yel-yel. Adapun masyarakat yang menonton sambil tertawa. Bagaimana tidak, gerak jalan dengan konsep yang berbeda sambil menyanyikan beberapa yel-yel mampu memberikan hiburan kepada masyarakat, mulai dari kostum yang berbeda dari peserta lainnya dan variasi gerak jalannya juga berbeda. 

 

 

Melihat betapa semangat dan kegigihannya anak-anak hingga sampai di garis finis, terlihat bahwa mereka antusias dalam gerak jalan tahun ini. Anak-anak berharap semoga tahun depan bisa mengikutinya lagi.(DBS)