Kelas Inspirasi - Hari Guru Nasional 2022

 

 

Serentak pada hari ini kita merayakan hari Guru Nasional 2022. Tema tahun ini adalah “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”. Telah menjadi program sekolah bahwa setiap Hari Guru, yang jatuh pada 25 November, kami mengadakan kegiatan Kelas Inspirasi. Pada kegiatan Kelas Inspirasi, sekolah mengundang orang tua atau alumni untuk berkenan berbagi inspirasi dengan menjadi Inspirator. Inspirator kita pada hari ini ada dua orang, yaitu ibu Maria Leseema Dian Harianti dan bapak Paulus Wowon Iswono.

 

Cintai Satwa, Berakhlak Mulia

Ibu Dian, begitu beliau biasa disapa, merupakan salah satu orang tua alumni Wijana. Beliau memiliki berbagai jenis burung kicau, yang sering diikutkan lomba. Dari hobinya tersebut, beliau juga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

 

Pada hari ini beliau membagikan cerita dan pengalamannya merawat burung. Selain itu, beliau juga mengajak anak-anak untuk memberi makan burung. Awalnya mereka antusias, tetapi setelah tahu makanannya adalah jangkrik, banyak anak-anak yang geli dan tidak berani. Namun, tetap ada beberapa anak yang berani dan ikut memberi makan burung.

 

Anak-anak memberi makan burung kicau | Dok. Sekolah

 

Di sesi ini, banyak pertanyaan yang muncul dari anak-anak, mulai dari kebersihan kendang, cara memandikan, bahkan juga tentang penyakit pada burung. Mereka begitu antusias dan terinspirasi oleh apa yang dilakukan dan diberikan oleh bu Dian.

 

Kreativitas Tiada Batas

Di sesi kedua ini, hadir Bapak Wowon yang merupakan salah seorang wali murid dari Ananda Cornelia Priscilla Ishana, siswa kelas V. Selain memiliki usaha konveksi, beliau juga memiliki usaha pembuatan kotak kado, yang sudah biasa dikirim sampai keluar kota. Pengalaman dan pengetahuan inilah yang pada hari ini dibagikan kepada anak-anak.

 

Inspirator mendampingi membuat kotak kado mini | Dok. Sekolah

Anak-anak diajari untuk membuat kotak kado. Semua bahan telah disiapkan oleh beliau, sehingga anak-anak hanya perlu untuk membentuk dan mengelemnya saja. Anak-anak tertarik dan begitu antusias. Untuk kelas kecil, mereka masih perlu untuk didampingi oleh para guru. Sedangkan yang kelas atas, mereka sudah bisa melakukannya sendiri.
 

Sungguh menyenangkan ketika sekolah dapat berkolaborasi untuk perkembangan pembelajaran anak-anak. Sama seperti tema hari Guru Nasional pada kali ini, “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”, sekolah juga berinovasi bersama dengan orang tua untuk mewujudkan merdeka belajar. Semoga semakin hari, pendidikan di Indonesia semakin berkembang seturut semakin kuatnya motivasi dari para guru untuk mengabdikan diri demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Selamat hari Guru untuk para guru di seluruh Indonesia. (ADK)