Rekoleksi Adven 2022 - Menanti Kedatangan Tuhan

 

Rekoleksi Adven 2022 – Menyambut natal memang suatu hal yang menyenangkan. Terbayang keseruan dalam setiap tahun perayaannya. Tak hanya persiapan tentang material, tapi yang lebih penting lagi adalah mempersiapkan hati untuk menyambut kedatangan Tuhan. Oleh sebab itu, sekolah kami, pada hari Sabtu, 10 Desember 2022, mengadakan rekoleksi Adven yang tujuannya adalah membantu anak-anak dalam mempersiapkan natal, menyambut kedatangan Tuhan.


Kegiatan ini dibuka dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan ice breaking. Ice breaking tersebut dipimpin oleh ibu Theresia Maria Karuniawati, S.Si.—kepala sekolah, dan diiringi oleh Bapak Antonius Dwi Kuncoro, S.Pd., sebagai pemain gitar, dan Bapak Filipus Sesighos, S.Pd., sebagai pemukul cajon. Anak-anak dengan penuh sukacita mengikuti ice breaking.


Rekoleksi SD

Rekoleksi Adven SD tahun ini mengambil tema “Sukacita dalam Menanti Kedatangan Tuhan”. Pada sesi pertama, pemateri—Bapak Yustinus Wahyu Eko S., S.Pd., memberikan materi tentang apa itu Adven. Selain itu, beliau juga menyampaikan bagaimana cara-cara kita untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan. Tak lupa juga, beliau juga menjelaskan tentang lingkaran Adven, yang menjadi salah satu ciri khas dalam masa Adven.

 

Anak-anak sedang membuat lingkaran Adven | Dok. Sekolah

Di sesi yang kedua, anak-anak diajak untuk beraktivitas membuat lingkaran Adven. Di hari sebelumnya, anak-anak diminta untuk mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan, di antaranya: lilin, kain flanel, pita hijau dan ungu, lem, dan gunting. Masing-masing dari anak-anak dapat membuat lingkaran Adven mereka sendiri.


Rekoleksi TK

Rekoleksi Adven TK pada tahun ini mengambil tema “Pertobatan di dalam Keluarga”. Materi untuk kelas TK disampaikan dengan berbeda dan menarik. Para ibu guru TK—Ibu Rut Dian Andriyani, Ibu Suryani, dan Ibu Rimba Kristyaningrum, S.AB,—yang memerankan boneka tangan ini ternyata sukses membuat anak-anak begitu antusias dan tertarik untuk mengikuti jalannya cerita.

 

Guru-guru TK memerankan boneka tangan | Dok. Sekolah

Di sesi kedua, anak-anak beraktivitas memotong dan mewarnai gambar orang tua. (ADK)