Kunjungan TK Kartika IV-61 Trowulan


Ada sesuatu yang berbeda hari ini (10/01/2023) di TKK Wijana, yaitu adanya kunjungan dari siswa-siswi TK Kartika IV-61 Trowulan bersama komite dan ibu-ibu guru. Tujuan awalnya adalah berkunjung ke Gereja Katolik St. Aloysius Gonzaga Mojoagung, sebagai bagian dari kegiatan mereka untuk mengenalkan rumah ibadah yang ada di sekitar mereka. Berhubung gereja dan TK kami berada dalam satu lokasi, maka sekalian mereka berkunjung dan bermain bersama dengan siswa-siswi TKK Wijana.
 

 

Siswa-siswi TK Kartika IV-61 tiba di TKK Wijana | Dok. Sekolah

Sekira pukul 08.00 WIB, para tamu datang dengan menggunakan truk miliki TNI. Mereka satu persatu turun dari truk didampingi oleh ibu-ibu guru dan komite. Selanjutnya mereka berbaris dengan rapi di halaman depan dan masuk ke lapangan sekolahan. Di tengah lapangan, anak-anak Wijana sudah dengan begitu antusias menyambut kedatangan mereka. 


Kegiatan pun awali dengan ice breaking. Ada 2 lagu yang dibawakan dalam kegiatan ini, yaitu Halo Apa Kabar dan Mari Berjalan-jalan. Ketika menyanyikan lagu-lagu ini, anak-anak diajak untuk berinteraksi dan saling berkenalan. Dan menariknya, tanpa canggung mereka bisa saling membaur dan berkenalan. Sungguh antusias mereka menyanyikan dan mengikuti instruksi yang diberikan.

 

Anak-anak dan guru-guru berfoto bersama | Dok. Sekolah

Tak hanya berkunjung, ternyata siswa-siswi dari TK Kartika IV-61 memberikan ucapan selamat natal dan tahun baru dalam bentuk kartu natal. Tak hanya kartu, di ucapannya tersebut terdapat hadiah cokelat dan permen. Anak-anak tentunya sungguh senang. Apalagi mendapat hadiah cokelat dari teman baru.

 

Anak-anak mengamati isi dalam gereja | Dok. Sekolah


Kegiatan pun dilanjutkan dengan memasuki gereja. Di dalam gereja, mereka dipandu oleh ibu kepala sekolah TKK Wijana, ibu Theresia Maria K., S.Si. Dengan tertib mereka memasuki gereja. Ada pula anak yang bertanya-tanya tentang gereja. Ada yang tanya tentang patung, ada pula yang bertanya tentang salib. Mereka sungguh tertarik atas apa yang baru mereka lihat. Mungkin, ini adalah pertama kalinya mereka memasuki gereja.


Sungguh kami apresiasi baik untuk usaha dari pihak TK Kartika IV-61 yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Di usia dini, anak-anak telah diajarkan tentang toleransi, dengan membawa langsung mereka untuk mengunjungi rumah ibadah agama-agama lain. (ADK)

Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana