Kegiatan Puncak Tema Profesi TK, Berkunjung ke PMK Jombang

 
Kegiatan Puncak Tema Profesi TK, Berkunjung ke PMK Jombang

Dalam pembelajaran PAUD, setiap kali menyelesaikan 1 tema pembelajaran, akan ditutup dengan kegiatan Puncak Tema. Pada bulan ini, TK Wijana Mojoagung telah menyelesaikan tema profesi. Sehingga, kami pun mengadakan kegiatan puncak tema, yaitu berkunjung ke stasiun Pasukan Mencegah Kebakaran (PMK) Kabupaten Jombang, atau yang lebih dikenal dengan pemadam kebakaran, yang berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim No.141, Kepanjen, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Kunjungan TK Kartika IV-61 Trowulan

Pagi hari yang cerah yang tidak begitu terik ini, disambut anak-anak dengan sukacita. Tak lain karena hari ini mereka akan pergi ke stasiun PMK Kabupaten Jombang. Selain ke stasiun PMK, anak-anak pada hari ini juga diajak untuk ke Alun-alun Jombang. Sebelum beraktivitas, anak-anak melakukan pembiasaan dengan berdoa, dan senam bersama. Setelah itu, anak-anak dibriefing dan mulai diarahkan untuk memasuki kendaraan.

Kegiatan Puncak Tema Profesi TK, Berkunjung ke PMK Jombang
Anak-anak bermain di Alun-alun Jombang | Dok. Sekolah

Sesampainya di Alun-alun Jombang, anak-anak diajak beraktivitas sebentar di hijaunya hamparan rumput. Mereka bermain permainan Tom and Jerry. Dalam permainan ini, salah satu anak menjadi Tom (kucing) dan satu anak sebagai Jerry (tikus). Tom harus mengejar Jerry sampai tertangkap. Sedangkan teman-teman yang lain membentuk lingkaran agar Jerry tidak dapat tertangkap. Mereka bermain dengan sukacita. Selepas itu, mereka pun berkumpul untuk menyantap bekal makanan yang telah mereka bawa dari rumah.

Baca Juga: Vege Day – Sarana Pembiasaan Makan Sayur

Kegiatan yang mereka tunggu pun tiba, yaitu menuju ke stasiun PMK. Mereka sudah membayangkan dapat melihat mobil pemadam, keliling-keliling naik mobil pemadam, dan berbagai macam imajinasi mereka. Sesampainya di lokasi, anak-anak disambut oleh salah satu petugas, yaitu Bapak Hariyanto. Kemudian mereka diajak menuju ke ruang yang beralaskan terpal biru. Di sebelah kanannya terdapat mobil pemadam yang akan digunakan untuk penyampaian edukasi kepada anak-anak.
 
Kegiatan Puncak Tema Profesi TK, Berkunjung ke PMK Jombang
Para petugas PMK memberikan edukasi | Dok. Sekolah

Bapak Hariyanto bersama Mas Syam menjelaskan berbagai peralatan dan APD (Alat Pelindung Diri) yang dipakai petugas. Beliau berdua juga menjelaskan tentang tugas pemadam kebakaran.  Selain memadamkan kebakaran, mereka juga bertugas untuk melakukan evakuasi hewan. Salah satu yang sering adalah evakuasi ular. Di sela-sela penyampaian materi, ternyata beliau berdua telah menyiapkan ular. Tak perlu khawatir, mulut ular ini sudah diplester. Sehingga tidak berbahaya. Kendati demikian, anak-anak hanya diperbolehkan untuk memegang saja.
 

Kegiatan Puncak Tema Profesi TK, Berkunjung ke PMK Jombang
Anak-anak bermain air bersama petugas PMK | Dok. Sekolah
 
Ekspektasi yang akhirnya menjadi kenyataan. Anak-anak pun diajak untuk menaiki mobil pemadam kebakaran dan berkeliling di halaman. Mereka begitu antusias karena baru pertama kali ini mereka dapat menaiki mobil pemadam. Tak usai di situ, kegiatan selanjutnya tak kalah menyenangkan, yaitu bermain air. Bedanya, air ini mengalir melalui selang pemadam yang disemprotkan oleh salah seorang petugas. Tentu saja mereka senang sekali. Ada juga anak-anak yang diminta untuk membantu memegangkan selangnya. Sungguh menyenangkan.

Baca Juga: Play Day SD 2022 - Tumbuh Sehat dan Bahagia

Setelah berbasah-basah ria, mereka pun mandi dan ganti baju. Di sela-sela menunggu teman yang lain, anak-anak pun melihat beberapa hewan hasil evakuasi tim PMK. Selain ular, ada pula anjing liar, dan juga monyet. Saat semuanya telah selesai, anak-anak pun masuk ke dalam kendaraan dan pulang kembali ke sekolah. (ADK)

Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana