Mengirim Surat Lewat Kantor Pos - Kegiatan Puncak Tema TK

 
Mengirim Surat Lewat Kantor Pos - Kegiatan Puncak Tema TK

Rabu (15/03/2023) ada yang berbeda dalam pembelajaran TK hari ini. Anak-anak hari ini belajar di Kantor Pos KCP Mojoagung, yang beralamat di Jln. Raya Mojoagung 178, Mojoagung – Jombang. Mereka akan belajar untuk mengirimkan surat. Surat ini dikirimkan kepada orang tua mereka masing-masing. Ini adalah bagian dari kegiatan puncak tema “Komunikasi”. Mereka diajak untuk mengenal alat komunikasi, salah satunya adalah surat.

Baca Juga: Play Day TK 2022 - Masa Kecilku Fondasi Masa Depanku

Berangkat

Sebelum berangkat, anak-anak diberikan pengarahan. Selanjutnya, mereka berangkat berjalan kaki, menyusuri trotoar sepanjang jalan Raya Mojoagung. Tak perlu naik kendaraan, cukup jalan kaki saja. Karena letak kantor pos ini tak jauh dari sekolah. Sambil berjalan, mereka dapat melihat lingkungan sekitar: pertokoan, jalanan yang ramai, sungai, juga menyusuri jembatan.
 
Mengirim Surat Lewat Kantor Pos - Kegiatan Puncak Tema TK
Anak-anak berbaris melakukan tepuk semangat | Dok. Sekolah

Baca Juga: Kegiatan Puncak Tema Profesi TK, Berkunjung ke PMK Jombang
Sesampainya di lokasi, anak-anak diajak oleh guru-guru untuk berbaris terlebih dahulu. Sebagai persiapan, mereka diajak untuk melakukan beberapa tepuk penyemangat dan permainan ringan. Selang beberapa menit, ibu Hera, selaku petugas di kantor pos ini, mengarahkan anak-anak untuk menempati tempat yang telah disediakan.
 

Mengirim Surat

Dengan telaten, ibu Hera memperkenalkan berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan lewat kantor pos, di antaranya mengirim surat, mengirim uang, membayar tagihan, mengirim barang, dll. Beliau juga menjelaskan berbagai barang yang ada di kantor pos. Selain berbagi ilmu, beliau juga berbagi kue serta hadiah. Hadiah diberikan kepada anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan. Sedangkan untuk kue, diberikan kepada semua anak. 
 
Mengirim Surat Lewat Kantor Pos - Kegiatan Puncak Tema TK
Anak-anak menyanyikan lagu "Aku Tukang Pos" | Dok. Sekolah

Baca Juga: Kunjungan TK Kartika IV-61 Trowulan
Selesai makan kue, anak-anak secara bergantian menempelkan prangko di surat yang telah mereka tulis kemarin. Mereka dipandu oleh ibu Hera. Selanjutnya, mereka berbaris dan masuk ke dalam kantor, lalu menyerahkan surat-surat mereka kepada petugas. Tak lupa anak-anak mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang telah bersedia berbagi ilmu dan mendampingi anak-anak dalam proses hari ini.

Anak-anak pulang dengan penuh sukacita. Mereka belajar bahwa komunikasi tak hanya lewat media elektronik, tetapi bisa juga melalui surat. Mengenal benda-benda yang dulunya begitu familier, namun kini mulai ditinggalkan karena digitalisasi. (ADK)

Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana