Rekoleksi Prapaskah 2023 – Menghadirkan Sakramen dalam Keluarga

Rekoleksi Prapaskah 2023 – Menghadirkan Sakramen dalam Keluarga
 
Dalam dua hari ini, 24 – 25 Maret 2023, siswa-siswi PS, TK, dan SD Katolik Wijana Mojoagung mengikuti rangkaian kegiatan Rekoleksi Prapaskah. Kegiatan ini diadakan rutin setiap tahun. Pada tahun ini, sekolah mengikuti tema yang telah ditetapkan oleh Keuskupan Surabaya, yaitu “Menghadirkan Sakramen dalam Keluarga”. Ada beberapa aktivitas yang diikuti oleh anak-anak pada kegiatan ini.

Rekoleksi PS-TK

Rekoleksi ini diadakan pada 24 Maret 2023. Untuk anak-anak PAUD, kami mengambil topik “Pertobatan Nabi Yunus”. Di awal kegiatan, anak-anak diajak untuk bernyanyi dan melakukan aktivitas ice breaking. Setelah pengantar dari guru-guru TK, anak-anak diajak untuk menyaksikan tayangan video singkat tentang kisah Nabi Yunus. Anak-anak menyaksikan dengan saksama video yang ditampilkan. 

Baca Juga: Vege Day – Sarana Pembiasaan Makan Sayur
 
Rekoleksi Prapaskah 2023 – Menghadirkan Sakramen dalam Keluarga
Anak-anak Preschool sedang membuat karya | Dok. Sekolah

Tak hanya menyaksikan video. Anak-anak juga diajak beraktivitas untuk membuat karya. Sebuah karya yang menggambarkan bahwa Tuhan mengasihi anak-anak. Karya ini terbuat dari kertas, berbentuk dua tangan. Di dalamnya terdapat tulisan dan juga foto anak-anak.

Rekoleksi SD

Rekoleksi SD dilaksanakan pada 25 Maret 2023. Dalam kegiatan ini, topik-topik yang disajikan adalah tentang 7 sakramen dalam gereja Katolik. 7 sakramen ini akan didalami oleh anak-anak dalam pos-pos. Di masing-masing pos, terdapat pembina yang akan mendampingi dalam pendalaman materi. 
 
Rekoleksi Prapaskah 2023 – Menghadirkan Sakramen dalam Keluarga
Penyampaian materi tentang Sakramen Ekaristi | Dok. Sekolah

Sebelumnya, anak-anak dibagi menjadi 7 kelompok. Secara bergantian, masing-masing kelompok ini akan berpindah dari satu pos ke pos yang lain. Dalam pos tersebut, anak-anak akan mendapatkan materi dan/atau melaksanakan aktivitas. Ada aktivitas membuat gantungan ayat, bermain peran, menyusun puzzle, menjodohkan, hafalan ayat Kitab Suci, dll. Tak hanya belajar di ruang kelas saja. Ada juga pos yang memanfaatkan ruang sakristi gereja untuk dapat mengenalkan beberapa peralatan misa. 

Baca Juga: Motivation Building 2023 – Born to Win

Sekalipun materi sakramen ini dipelajari secara sekilas dan singkat, namun setidaknya anak-anak dapat mengenal bahwa dalam gereja Katolik terdapat 7 sakramen. Dengan demikian, anak-anak juga akan sedikit demi sedikit menghadirkan sakramen-sakramen dalam kehidupan sehari-hari. (ADK)

Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana