Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan - Wijana Mojoagung
Loading post...

Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan

 
Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia telah menjadi sebuah tradisi tersendiri untuk rakyat Indonesia. Banyak kelompok warga yang berbondong-bondong mengadakan kegiatan dan perlombaan demi menyemarakkan 17-an—begitu kebanyakan orang menyebutnya. Demikian pula yang dilakukan oleh warga sekolah SDK Wijana Mojoagung.

Baca Juga: Play Day 2023 - Sukacita Memperingati Hari Anak Nasional 2023

Pada hari Jumat (18/8/2023) kami mengadakan berbagai perlombaan dalam rangka perayaan 17-an. Ada dua jenis perlombaan yang disiapkan, yaitu lomba kelompok dan lomba individu. Tank Man, Cantol Capil, Sunggi Tampah, dan Estafet Kolor adalah beberapa perlombaan yang dimainkan secara berkelompok. Adapun lomba individunya merupakan lomba yang sudah menjadi umum dilakukan hampir di setiap tahunnya, yaitu Lomba Makan Kerupuk dan Lomba Makan Biskuit.

Perlombaan Kelompok

Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan
Anak-anak beraksi dalam Lomba Cantol Capil | Dok. Sekolah

Sebelum berlomba, anak-anak diajak untuk melakukan pemanasan dengan senam bersama. Setelah pemberian instruksi singkat, anak-anak diminta untuk membentuk kelompok berjumlah 3 anggota. Perlombaan pertama yang dilakukan adalah Tank Man. Dalam perlombaan ini, anak-anak harus merangkak di dalam kardus yang dibuat menyerupai bentuk roda tank. Secara estafet, mereka harus berlomba menuju garis finish.

Baca Juga: Cooking Day 2023 - Hasil Olahan Umbi-umbian

Demikian pula dengan lomba Cantol Capil, Sunggi Tampah, dan Estafet Kolor. Perlombaan-perlombaan kelompok ini dimainkan dengan sistem estafet. Sehingga dibutuhkan kerja sama dari masing-masing anggota kelompok. Sekalipun mereka harus berpanas-panas ria, mereka tetap menikmatinya dan begitu antusias untuk dapat menjadi pemenang dalam setiap lombanya.
 
Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan
Merangkak dalam Tank Man | Dok. Sekolah

Perlombaan Individu

Bagi masyarakat kita, Lomba Makan Kerupuk menjadi salah satu lomba wajib yang diadakan di saat 17-an. Menariknya, meskipun diadakan setiap tahun, anak-anak pun juga tidak bosan dan malah begitu bersemangat untuk dapat menjadi yang tercepat. 
 
Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan
Sukacita berlomba Makan Kerupuk | Dok. Sekolah

Lomba Makan Kerupuk ini dimainkan secara serentak oleh seluruh siswa-siswi. Mereka dengan begitu bersemangat langsung menuju kerupuk yang telah tergantung di tali tampar. Ketika lomba dimulai, seketika mereka langsung berusaha untuk menggigit kerupuk yang tergantung. Meskipun dengan susah payah, mereka tepat berusaha sebisa mungkin. 

Baca Juga: Grow to be Great – Pelepasan dan Pentas Akhir Tahun 2022-2023

Untuk Lomba Makan Biskuit-nya dibuat berbeda dari konsep sebelumnya, sehingga ada sedikit improvisasi dalam pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan waktu yang tersisa sudah tinggal sedikit. Oleh sebab itu, biskuit yang telah disiapkan dibagikan kepada anak-anak. Masing-masing anak mendapatkan 3 biskuit. Anak yang berhasil menghabiskan 3 biskuit tersebut yang akan menjadi pemenangnya.

Penutup

Semarak Kemerdekaan dalam Kebersamaan
Piagam ucapan selamat para pemenang | Dok. Sekolah

Untuk para pemenang, sekolah tak hanya menyiapkan hadiah saja, tapi juga memberikan piagam ucapan selamat dan medali khusus untuk perayaan HUT RI ke-78. Ucapan selamat dan medali ini menambah suka cita dan kebanggaan mereka setelah berhasil menjadi pemenang dari setiap perlombaan.

Baca Juga: Market Day, Sarana Pengembangan Entrepreneurship

Bukan tentang kalah atau menangnya. Yang penting ditekankan dalam perayaan ini adalah tentang semangat juang dalam menaklukkan tantangan. Terlebih lagi, ini adalah tentang suka cita kebersamaan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan. (ADK)
Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana

 
Program Kami

Formulir Kontak