Perayaan Natal 2023 Se-kecamatan Mojoagung

 

Natal menjadi salah satu momen yang patut untuk dirayakan dengan penuh sukacita. Tak hanya oleh gereja saja, sekolah-sekolah Katolik dan Kristen pun juga turut mengadakan kegiatan perayaan Natal di sekolah mereka masing-masing. Begitu pula sekolah Wijana Mojoagung. Pada hari ini (06/01/2024) juga mengadakan perayaan Natal bersama. Namun, ada yang beda. Tahun ini, kami diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dalam Perayaan Natal 2023 Se-kecamatan Mojoagung. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi dan guru-guru yang beragama Katolik dan Kristen se-kecamatan Mojoagung. Ada pun yang hadir dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi dari SD Kristen Bethel, SDN Mojotrisno, SDN Gambiran, dan beberapa SDN lainnya.

Baca Juga: Family Day TK, Tumbuh dan Berkembang dalam Cinta Keluarga

Misa Natal

Misa Natal ini dipimpin oleh RD. Andreas Krishananta, selaku Pastor Rekan Paroki St. Yosef Mojokerto. Sedangkan petugasnya adalah dari siswa-siswi SDK Wijana Mojoagung. Mereka bertugas mulai dari petugas koor, bacaan, doa umat, hingga pembawa persembahan.
 
Perayaan Natal 2023 Se-kecamatan Mojoagung
RD. Andreas Krishananta memimpin misa Natal | Dok. Sekolah

Dalam khotbahnya, Romo Andreas berpesan agar anak-anak senantiasa mengandalkan Tuhan dalam setiap hal, khususnya dalam mewujudkan hal-hal yang menjadi harapan dan cita-cita mereka. Selain itu, beliau juga berharap agar momen Natal juga membawa sukacita bagi semua dan menjadikan kita sebagai anak-anak terang yang membawa berkat bagi banyak orang.

Finding Angels

Setelah misa natal selesai, anak-anak dipandu dan diarahkan untuk menuju ke halaman sekolah. Di sana mereka berbaris untuk mendengarkan arahan tentang kegiatan selanjutnya, yaitu Finding Angels. ‘Mencari Malaikat’? Ya, dalam sesi ini, anak-anak akan diminta untuk mencari ‘malaikat’. Malaikat yang dimaksud adalah permen lolipop yang dibentuk menyerupai malaikat. ’Malaikat-malaikat’ ini disembunyikan di area halaman sekolah. 

Baca Juga: Cosplay Pahlawan, Sarana Menggali Semangat Perjuangan

Perayaan Natal 2023 Se-kecamatan Mojoagung
Sukacita anak-anak saat menemukan 'malaikat' | Dok. Sekolah

Masing-masing anak diminta untuk mencari satu malaikat yang tersebar di seluruh area halaman sekolah. Dalam hitungan ketiga, mereka pun semua berpencar untuk mencari ‘malaikat’. Tak butuh waktu lama, anak-anak pun telah menemukannya. Mereka pun senang dengan apa yang telah mereka dapatkan.

Perayaan dan Pentas

Sebelum menuju ke aula, anak-anak diminta untuk berbaris terlebih dahulu. Mereka masing-masing akan dipasangkan gelang bernomor yang akan digunakan sebagai nomor untuk undian doorprize. Satu per satu anak pun menuju ke aula dan menempati tempat yang telah disediakan.

Baca Juga: Market Day, Sarana Pengembangan Entrepreneurship

Sebelum memulai perayaan dan pentas, anak-anak beserta guru pendamping per lembaga dipersilakan naik ke atas panggung guna melakukan foto bersama. Acara pun dibuka dengan menyanyikan lagu Tuhan Yesus Baik secara bersama-sama. Dengan penuh semangat dan sukacita, anak-anak menyanyikan dan menari bersama-sama.
 
Perayaan Natal 2023 Se-kecamatan Mojoagung
Penampilan dari siswa-siswi SD Negeri | Dok. Sekolah

Beragam tampilan dipersembahkan oleh anak-anak. Ada tampilan dari siswa-siswi TK Bethel, TK Wijana, SDK Bethel, SD Negeri, dan tentunya dari SDK Wijana Mojoagung. Ada pula sambutan dari Pengelola Yayasan Yohannes Gabriel Perwakilan Mojokerto-Jombang-Nganjuk, yang diwakili oleh RD. Andreas Krishananta. Selain itu, pengundian doorprize juga dilaksanakan di sela-sela tampilan pentas.

Baca Juga: Edukasi Etika untuk Generasi Muda - Character Building 2023

Sebuah momen yang penuh sukacita ketika bisa berkumpul bersama-sama dengan teman-teman dari sekolah lain dalam merayakan kelahiran Tuhan Yesus. Semoga perayaan ini dapat semakin mempererat persaudaraan di antara anak-anak. Juga semakin menambah semangat dan sukacita para guru dalam mendampingi dan mendidik generasi muda. (ADK)
Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana