Beda Tapi Satu – Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024 - Wijana Mojoagung
Loading post...

Beda Tapi Satu – Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024

Beda Tapi Satu – Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024

Hari Jumat (16/06/2024) lalu merupakan hari yang terasa istimewa, terkhusus bagi anak-anak TK B dan kelas VI yang akan menerima ceremony kelulusan. Ceremony itu dikemas dalam kegiatan Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024, yang mengambil tema “Beda Tapi Satu”. Keberagaman yang ada di sekolah Wijana Mojoagung—suku, agama, budaya, karakter, kemampuan—merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran yang ada di sekolah. Semuanya menjadi satu dengan tujuan untuk mengembangkan pribadi-pribadi yang berkualitas dan berkarakter. Perbedaan-perbedaan itulah yang membuat proses pembelajaran di sekolah menjadi lebih indah.

Pelepasan

Acara diawali dengan prosesi perarakan siswa-siswi kelas TK B dan kelas VI beserta orang tua, dari halaman depan menuju ke depan panggung. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa pembuka, anak-anak memberikan buket bunga kepada orang tua mereka masing-masing sebagai ungkapan terima kasih dan cinta. Tak lupa mereka pun memohon doa restu kepada orang tua mereka masing-masing dengan sungkem di hadapan orang tua. Tak sedikit dari anak-anak dan orang tua yang berlinang air mata dalam momen haru ini.


Baca Juga: Market Day, Sarana Pengembangan Entrepreneurship

Beda Tapi Satu – Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024
Ceremony kelulusan kelas VI | Dok. Sekolah

Selepas itu, dilanjutkan dengan ceremony kelulusan. Satu per satu siswa-siswi dipanggil untuk naik ke atas panggung, dimulai dari kelas VI dan dilanjutkan dengan siswa-siswi TK B. Mereka naik ke panggung didampingi oleh orang tua masing-masing. Di atas panggung, anak menerima gordon, tanda kelulusan, dan kenang-kenangan berupa foto bersama.

Pentas Akhir Tahun

Beda Tapi Satu – Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024
Tampilan menggemaskan anak-anak Preschool | Dok. Sekolah

Sebagai pembuka acara, lagu sekolah “Jayalah Wijana” dikumandangkan oleh seluruh siswa-siswi dengan penuh semangat dan keceriaan. Mereka semua naik ke atas panggung. Beragam atraksi ditampilkan oleh anak-anak, mulai dari tari daerah, modern dance, hingga drama musikal. Sebagai informasi, mereka ini telah mempersiapkan diri dari 1 bulan sebelumnya. Mereka begitu antusias karena ini menjadi momen pertama mereka bisa mempersembahkan tampilan kepada orang tua.


Baca Juga: Studi Wisata Seminari Garum dan Makam Bung Karno

Tak hanya tampilan saja, di pertengahan acara, diadakan pengundian doorprize. Menariknya, doorprize kali ini bukan berupa barang atau kado, namun berupa voucher. Voucher yang dibagikan adalah voucher ice cream gratis, yang tentunya membuat anak-anak begitu senang dan berharap mendapatkannya. 


RD. Andreas dan RD. Frans memberikan sambutan | Dok. Sekolah


Acara tahun ini juga menjadi terasa lebih istimewa, karena kehadiran dua romo, yaitu RD. Fransiskus Xaverius Pratama Adi, selaku Romo Pengelola Yayasan Yohannes Gabriel Perwakilan Mojokerto-Jombang-Nganjuk dan RD. Andreas Putra Krishananta, selaku Romo Pelaksana Yayasan Yohannes Gabriel Perwakilan Mojokerto-Jombang-Nganjuk. Perkenalan dari beliau berdua di waktu sambutan, juga membuat acara ini semakin semarak dan hidup. Dalam sambutannya, Romo Frans berpesan agar semakin meningkatkan kolaborasi antar sekolah dan orang tua, karena pendidikan anak tak dapat dipisahkan dari peran orang tua.

Sertijab Kepala Sekolah

Beda Tapi Satu – Pelepasan TK B & Kelas VI dan Pentas Akhir Tahun 2023-2024
Sertijab kepala SDK Wijana Mojoagung | Dok. Sekolah

Setelah selama 6 tahun menjabat sejak tahun 2018, tahun ini merupakan tahun terakhir Ibu Theresia Maria Karuniawati, S.Si. menjabat sebagai kepala SDK Wijana Mojoagung. Tongkat estafet kepemimpinan akan diteruskan oleh Bapak Yustinus Wahyu Eko Susilo, S.Pd.. Secara simbolik, serah terima jabatan ini diterimakan oleh RD. Fransiskus Xaverius Pratama Adi, selaku Romo Pengurus Yayasan Yohannes Gabriel Perwakilan Mojokerto-Jombang-Nganjuk.

Baca Juga: Memasak Jajanan Tradisional dalam Cooking Day 2024

Closing Ceremony

Di penghujung acara, anak-anak menampilkan sebuah drama musikal, yang ditampilkan secara kolosal oleh anak-anak SD. Namun, hal itu harus tertunda sejenak karena hujan yang tiba-tiba turun. Di sela-sela menunggu hujan reda, MC pun mengajak hadirin untuk bernyanyi bersama, dan lagu yang terpilih adalah lagu Rungkad, yang dipopulerkan oleh Happy Asmara. Lagu selesai, hujan pun reda. Dengan begitu bersemangat, anak-anak bersiap untuk menampilkan pertunjukan pamungkas. Drama musikal ini berjudul Beda Tapi Satu, yang juga menjadi tema kegiatan pada malam hari ini. Penampilan semarak ini pun membuat para hadirin memberikan tepuk tangan meriah. (ADK)

Penulis
Antonius Dwi K., S.Pd.
Sie Kesiswaan SDK Wijana

 
Program Kami

Formulir Kontak